kebenaran perlu dipertanyakan



Kebenaran perlu dipertanyakan



Judul Film                 : The Island
Sutradara                   : Michael Bay
Penulis naskah          : Caspian Treduel owen dan Alex Kurtziman 
Rumah produksi       :Warner bros dan dreamworks
Durasi                          : 127 menit
Tahun rilis                  : 2005
Pemeran utama         : Ewan Mcgregor (Lincoln six echo) 
                                        Scarlett Johansson (Jordan two delta)   
                                                             

     Ada seorang bernama lincoln six echo yang tinggal di sebuah gedung bersama beribu-ribu temannya. Lincoln berfiit bahwa mengapa dia dan teman-temannya harus menggunakan pakaian berwarna putih saja. Disuatu hari pertanyaan yang muncul dibenaknya semakin banyak sehingga dia bertemu dengan Merrik, seorang dokter pemilik gedung itu.Lincoln mengatakan bahwa dia selalu mendapat mimpi yang sama disetiap malamnya sehingga ditelusuri oleh merrik. Suatu hari ketika Lincoln tak sengaja menemukan serangga hidup,dia merasakan ada kejanggalan yang terjadi, sehingga dia memutuskan untuk mencari tahu kebenaran tentang "pulau" yang dijanjikan kepada dia dan teman-temannya dan juga mengenai tempat diluar gedung yang telah terkontaminasi.

     Lincoln mengetahui bahwa "pulau" yang dijanjikan hanya kebohongan semata, untuk menutupi kebenaran bahwa yang mendapatkan lotere ke "pulau" tersebut tidak pergi melainkan dibunuh dan diambil organnya.Disaat yang sama Jordan two delta, sahabat Lincoln terpilih untuk pergi ke "pulau". Hal ini membuat lincoln dengan cepat memberitahukan kebenarannya pada jordan dan pergi kabur bersamanya. Ketika mereka mengetahui bahwa mereka bukanlah Manusia asli melainkan hasil dari pengandaan manusia atau kloningan dari seseorang yang diambil DNAnya. Kloning adalah bioteknologi untuk menghasilkan salinan DNA atau gen,sel,dan organisme. Lincoln dan Jordan bergegas menemui sponsor mereka,Ketika  mereka bertemu dengan sponsor dari Lincoln yang bernama tom lincoln, mereka segera meminta tolong pada Tom untuk memberitahukan kebenaran ini pada semua orang. Awalnya Tom shok melihat kedatangan mereka, namun Akhirnya tom bersedia membantu mereka. 

     Ketika Lincoln pergi bersama Tom,ternyata dirinya dijebak oleh tom, karena tom telah bekerjasama dengan merrik untuk menangkap Lincoln. Hal ini tak membuat Lincoln kehilangan akal,sehingga dia memakaikan gelang penanda sebagai "produk" miliknya ke pergelangan tangan Tom sehingga Tom ditembak mati.  Lincoln kembali kembali bersama jordan kegedung tersebut namun dengan rencana Lincoln menyamar sebagai Tom dan Jordan yang sengaja menyerahkan diri.
Setibanya disana Lincoln membunuh merrik dan Jordan membebaskan teman-teman mereka yang akan pergi ke "pulau" dan teman teman lainnya, mereka pun berhasil menyelamatkan teman-teman mereka, dan kisah cinta Jordan dan Lincoln baru dimulai.

    Film ini disutradarai oleh Michael Bay yang adalah seorang Sutradara dan Produser film-film di USA. The island adalah salah satu dari sekian film yang disutradarai olehnya,film ini juga adalah film pertamanya yang tidak diproduseri oleh Jerry Bruecha Nerb. film ini menarik, karena menyajikan tontonan yang tidak monoton namun juga menunjukan pengetahuan tentang pengkloningan manusia.film ini juga menunjukan banyak adegan "action" yang membuat lebih seru dan menarik untuk ditonton.

     Dalam film ini terdapat pandangan humanisme, ditunjukan oleh merrik yang menganggap membunuh orang sebagai keuntungan diri sendiri. Merrik juga menjadikan diri sendiri sebagai pusat dari hidupnya,dilihat dari dirinya yang ingin sama seperti Tuhan yang bisa menciptakan manusia atau biasa disebut eksistensialisme . Dilihat dari segi pandangan yang benar atau Biblical cristian worldview, Our universe belong to God menjelaskan bahwa semua yang ada didunia ini diciptakan oleh Dia dan untuk Dia , yaitu Yesus kristus. Sehingga dapat diketahui bahwa pusat dari dunia ini hanyalah kepada Tuhan saja  seperti yang tertera pada kolose 1: 16 "karena didalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, ysng sds di sorga,dan yang ada di bumi, yang kelihatan , dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan,baik pemerintah,maupun penguasa, segala sesuatu diciptakan dari Dia oleh Dia dan untuk Dia." yang menjelaskan bahwa tak ada satupun didunia ini yang bukan milik Tuhan, sehingga kita tidak berhak untuk menjadikan diri sebagai pusat dari kehidupan. Seperti yang juga tertera pada Kolose 3:23 "apapun yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu, seperti untuk Tuhan dan bukan untuk Manusia." yang menjelaskan bahwa yang kita lakukan juga milik Tuhan sehingga semua kemuliaan hanya dikembalikan kepada Tuhan semata.


     Film ini mengandung unsur dewasa, sehingga tidak layak tonton untuk yang belum cukup umur, sehingga perlu pengawasan orang dewasa terhadap anak dibawah umur, saya menyarankan untuk memberikan batas umur jika akan dtayangkan kembali di bioskop atau di potong adegan dewasanya jika tayang di TV. 

Saya merekomendasikan Film ini untuk 20an tahun keatas karena tidak pantas untuk dilihat ataupun dicontoh anak dibawah umur, namun jika akan ditonton oleh usia belasan, perlu pengawasan orang dewasa untuk memantau anak dalam menonton film tersebut

























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi Magang

Surat hikmat Eriin Subnafeu